Sistem Penilaian USM STAN

                Seperti dijelaskan di artikel sebelumnya, USM STAN terdiri dari 180 soal. Kesemua soal tersebut merupakan pilihan berganda, setiap soal memiliki 4 opsi jawaban. Nah, jika anda menjawab satu soal dengan benar anda mendapatkan poin 4, sementara jika anda mengosongkan satu soal anda mendapat nilai 0, dan jika jawaban anda salah anda mendapatkan poin -1. Kesimpulannya, (benar =4, kosong /tidak diisi = 0, salah = -1).
                Sedikit sharing pengalaman saya dulu waktu mengikuti USM STAN, dulusaya berprinsip tidak ingin kehilangan nilai terlalu banyak, atau dengan kata lain ingin semaksimal mungkin mendapatkan nilai. Meski dibayang-bayangi (-1) untuk jawaban salah, saya tetap berusaha mengerjakan semua soal stan di waktu yang disediakan yaitu 150 menit (dua jam setengah). Hal itu membuat saya tetap mengisi soal walau masih ada ragu, asalkan ada ‘perasaan’ atau ‘sedikit pengetahuan’ tentang jawaban suatu soal. Memang berisiko salah dan dipotong satu poin, tapi bayangkan jika benar, akan dinilai 4. 

Misal ada 5 soal kita ragu, tapi kita isi semua. Ternyata  dari 5 soal itu, 4 soal kita jawab salah  berarti kita dapet (-4 poin) dan satu soal benar  dapet  (4 poin), artinya masih impas kan?  Lain lagi kalau ternyata dari 5 soal ragu itu, 3 soal salah dan 2 soal benar berarti kita dapat (-3 poin) untuk 3 soal salah  ditambah (8 poin) dari 2 soal benar, artinya kita dapet  5 poin (8-3).  Itu sekedar sharing pengalaman dulu aja sih, seperti apa nantinya terserah keyakinan adek2  semua. Yang penting terus berusaha dan berdoa. Jangan pernah menyerah, tanamkan dalam pikiran bahwa kalian bisa masuk stan!
Share this article :
 

+ comments + 5 comments

Anonymous
June 6, 2014 at 3:17 PM

terimakasih c:

January 4, 2016 at 1:53 PM

terima kasih atas sharing pengalamannya kak.
.
salam kenal dari Muhammad Fadhilah

May 10, 2016 at 9:05 AM

Thanks ka

May 14, 2016 at 7:16 PM

ok makasih, bismilah besok tes ujiannya

August 23, 2016 at 8:23 PM

Sistem penilaiannya itu per materi atau 180 soal itu gabung jadi 1 ?

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Web Info Pendaftaran Masuk STAN 2012 | Tips USM STAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger